Selasa, 14 Juni 2011

Membuat Barcode

Sebuah kode batang atau kode palang (bahasa Inggris: barcode) adalah suatu kumpulan data optik yang dibaca mesin. Sebenarnya, kode batang ini mengumpulkan data dalam lebar (garis) dan spasi garis paralel dan dapat disebut sebagai kode batang atau simbologi linear atau 1D (1 dimensi). Tetapi juga memiliki bentuk persegi, titik, heksagon dan bentuk geometri lainnya di dalam gambar yang disebut kode matriks atau simbologi 2D (2 dimensi). Selain tak ada garis, sistem 2D sering juga disebut sebagai kode batang.
Okay, buat yang mau iseng-iseng mau buat Barcode, ini dia caranya

1. Buka aplikasi Adobe Photoshop. Kalo saya pake pake Adobe Photoshop CS 3.
2. Buat dokumen baru dengan memilih FILE > New atau melalui keyboard shortcut Ctrl+N. Pada kotak dialog New isikan nama sesuka anda, kalo bisa isi aja BARCODE biar nanti nyimpennya ga bingung, hehehe. Terus masukkan nilai Width dan Height sesuka anda. Kalo saya memakai width 400 Pixel dan Height 250 Pixel. untuk RESOLUSI saya memilih 72 pixel/inch, Color Mode : RGB 8 bit, dan Background content : White. Kalo semua kolom di kotak dialog sudah diisi, Klik OK.

    3. Setelah lembar kerja sudah muncul, langkah selanjutnya adalah mengembalikan warna foreground dan background ke default yaitu hitam dan putih dengan menekan tombol D, atau klik dua kali pada Toolbar Set Foreground Color dan Set Background Color. Tapi kalo warna foreground dan background udah hitam dan putih ga usah diubah. Hehhehe :D

    4. Langkah selanjutnya adalah membuat layer baru. Caranya klik ikon Add a New Layer pada kolom Layer (kolom layer biasanya ada disebelah kanan lembar kerja), atau dengan cara Klik Menu  Layer > New > Layer > OK , atau dengan keyboard shortcut CTRL + Shift + N.
    5. Langkah selanjutnya, Klik Single Row Marquee tool pada toolbar, kemudian drag pada bagian lembar kerja. Lihat gambar dibawah.
    6. Langkah selanjutnya, klik Rectangular Marquee tool pada Toolbar, kemudian pada option bar pilh substract from selection (lihat gambar).
    7. Drag Substract From Selection pada sisi kiri dan kanan seleksi. Drag substract digunakan untuk mengurangi seleksi yang sudah temen-temen buat sebelumnya dengan Single Row Marquee. Hasil dari seleksi dengan menggunak Substract From Selection seperti gambar di bawah ini.
    8. Langkah selanjutnya, pilih Menu > Edit > Fill. Isi kotak dialog Fill sesuai dengan gambar dibawah ini. Sesudah diisi klik OK.


    9. Klik Menu > Filter > Add Noise. Isi kotak dialog Add Noise sesuai dengan gambar dibawah ini. Sesudah diisi klik OK.
    10. Langkah selanjutnya adalah klik Menu > Edit > Free Transform atau dengan keyboard shortcut CTRL + T. drag kotak pada pada tengah ke arah atas sambil menekan tombol Shift. Hasilnya seperti gambar di bawah ini.
    11. Sesusah didrag, tekan tombol ENTER, lalu pilih Menu SELECT > DESELECT atau keyboard shortcut CTRL+D.
    12. Langkah selanjutnya, klik Rectangular Marquee tool pada Toolbar, kemudian pada option bar pilh new selection (lihat gambar). Kemudian buat seleksi dibagian tengah bawah barcode. Pastikan bahwa sisi kanan dan kiri terdapat sisa. Kemudian hilangkan area seleksi tersebut dengan menekan tombol DELET/DEL, kemudian tekan tombol CTRL+D atau pilih menu SELECT > DESELECT. Hasilnya sebagai berikut.
    1.       

    13. Klik Horizontal Type Tool, kemudian arah pointer ke lembar kerja, lalu klik kiri, kemudian tuliskan nama atau apapun sesuka anda. Untuk warna, tipe huruf, temen-temen bisa memilih sesuka hati, hehehehe.
    14. Klik Move tool untuk membuat tulisan sejajar dengan barcode.
    15. Langkah selanjutnya adalah menggambungkan semua layer. Caranya adalah blog semua layer (klik masing-masing sambil menekan tombol SHIFT) kemudian klik kanan lalu pilih MERGE LAYER.
    16. Simpan file. Klik MENU FILE > Save/Save as > atur format dalam bentuk JPG, lalu klik OK.
    17. Jadilah BARCODE buatan temen-temen sendiri. hehehehhe.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

     
    Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews